Sejarah Blogger - Blogspot

Diposting oleh Ozzane Bintang on Kamis, 27 Desember 2012


Blog - adalah singkatan dari web log, web log sendiri adalah aplikasi web yang menyerupai tulisan yang dimuat oleh para pengguna web log sebagai posting pada sebuah halaman umum. Tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru lalu di ikuti isi yang lebih lama). Situs web sendiri dapat di akses oleh semua pengguna internet yang bertujuan mencari informasi sesuai dengan topik yang mereka cari.

Sejarah

Media blog untuk pertama kalinya dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs. Pyra labs sendiri sebelum ahirnya diakusisi oleh Google.com pada ahir tahun 2002 yang lalu. Semenak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi sumber terbuka yang ditujukan kepada perkembangan para penulis atau pengguna blog tersebut. Blog memiliki fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi, kampanye politik, sampai program media dan perusahaan.
Sebagian blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, sebagian lainnya dikelola oleh beberapa penulis, banyak juga web blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya. Seperti penggunaan buku tamu dan kolom komentar yang disediakan untuk para pengunjung untuk memberi kritik/saran atau hanya sebagai komentar untuk isi tulisan yang dipublikasikan. Namun ada juga yang sebaliknya atau bersifat non-interaktif.

Situs-situs web dapat saling bersangkutan berkat web log atau secara total merupakan kumpulan web log yang biasa disebut sebagai Bligosphere. Bilamana sebuah gelombang aktivitas, informasi, dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam Blogosphere. Maka hal seperti itu sering disebut sebagai Blogstrom atau Badai Blog.



Komunitas Blogger

Komunitas Blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para Blogger yang berdasarkan kesamaan tertentu seperti asal daerah, kampus, hobi, dan sebagainya. Para Blogger yang tergabung dalam komunitas Blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan bersama seperti Kopi darat. Untuk bisa bergabung dalam komunitas Blogger biasanya ada semacam Syarat atau Aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk dalam komunitas tersebut, misalkan dari daerah tertentu, hobi dan lain-lain.

• Jenis-jenis Blog

Blog Politik : biasanya memuat tentang berita, politik, dan semua persoalan berbasis blog seperti kampanye.

Blog Pribadi : Biasa disebut sebagai buku harian online yang berisikan tentang pengalaman, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan tertentu.

Blog Bertopik : Blig yang membahas tentang suatu dan fokus pada bahasan tertentu.

Blog Kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan, keluhan pasien, sampai tips yang bersangkutan untuk kesehatan.

Dan tentuya masih banyak jenis Blog yang selalu eksis dimasing-masing bidang.

• Budaya Populer

Ngeblog atau bias juga disebut Blogging, harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog itu sendiri. Juga untuk mengetahui sejauh mana perawatan blog yang dilakukan oleh masing-masing pemilik blog. Seperti mengganti template atau menambahkan artikel-artikel terbaru.
Sekarang ada lebih dari 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet. Dan tentunya akan terus berkembang mengingat saat ini banyak sekali oerangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang dapat mempermudah para Blogger untuk mengembangkan blog mereka agar selalu eksis. Selain melakukan pembaharuan di blog, para Blogger pun seringkali melakukan Blogwalking. Apa itu Blogwalking? Blogwalking yaitu aktivitas para Blogger yang seringkali meninggalkan tautan diblog atau situs orang lain dengan cara memberikan komentar.
Bahkan beberapa Blogger saat ini seringkali menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan melalui program periklanan seperti program Adsense dan lain-lain.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar